APAKAH ITU DOMAIN

Apa yang dimaksud hosting dan domain? bagi anda yang ingin membuat sebuah website dan ingin agar website anda online maka anda harus mengerti mengenai hosting dan domain. Tulisan berikut menjelaskan kepada Anda mengenai hosting dan domain serta macam-macam hosting dan domain.

Domain

Apa itu domain? domain merupakan nama atau alamat untuk Website yang bersifat unik (lain dari yang lain) , domain merupakan nama Website yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file Homepage milik seseorang maka mereka cukup menulis http://www.Nama-Website.com/ pada browser maka otomatis tampilan website akan muncul pada browser. Anda pun dapat membeli domain sendiri , tinggal pilih nama yang bagus dan anda akan memiliki domain sendiri. Untuk biaya pembuatan domain biasanya menggunakan sistem kontrak dengan jangka waktu pertahun, dan setelah anda memiliki domain maka domain tersebut tidak bisa dimiliki oleh orang lain kecuali anda tidak lagi membayarnya.

Memilih domain

Kebanyakan nama domain yang ada saat ini telah dimiliki orang, jadi anda benar-benar harus memilih nama domain yang unik. Tetapi dalam memilih nama domain anda harus memperhatikan bahwa nama domain anda kalau bisa sesingkat mungkin untuk mengecilkan kemungkinan seseorang salah mengetik domain anda. Jangan lupa domain anda sebaiknya memiliki arti dan gampang diingat, jangan pernah coba-coba membeli domain dengan penggabungan angka dan huruf karena akan susah diingat. Domain dengan nama l4k1l4k1.com akan susah diingat. Pilihlah juga domain yang mudah diucapkan, jadi apabila ada ibu-ibu yang sedang bergosip tentang website anda mereka dapat mengucapkan domain anda dengan benar.

Subdomain

Subdomain sebenarnya adalah alamat domain yang masih menjadi bagian dari domain anda, tetapi subdomain dapat anda arahkan ke file HTML yang berbeda dari domain utama anda. Contoh subdomain misalnya http://Blog.webmaster-tutorial.com yang berarti subdomain blog berada pada domain webmaster-tutorial.com

Hosting

Bagaimana caranya agar saat seseorang mengklik (mengetikkan) domain pada browser kemudian dapat menampilkan dokumen homepage kita secara online? Dokumen-dokumen homepage tersebut harus kita tempatkan pada sebuah server yang dimiliki oleh Provider (penyedia jasa layanan internet), pilihan ini dengan pertimbangan biaya yang relatif murah dan perlindungan data yang bisa diandalkan. Cara tersebut diatas istilahnya adalah Hosting. Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen homepage anda. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi anda dapat membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file homepage anda. Pembayaran biaya hosting biasanya ditentukan dengan tarif bulanan

Untuk lengkapnya lihat link dibagian referensi dibawah ya

thx

materi referensi:


0 komentar to "APAKAH ITU DOMAIN"

Posting Komentar